7 Cara Mudah Cek Kehamilan Tanpa Test Pack dengan Bahan di Rumah

Tak sedikit wanita yang kebingungan mencari tahu cara cek kehamilan tanpa test pack. Mengetahui hamil atau tidak kadang menjadi momentum yang menegangkan, terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Kelahiran anak adalah salah satu anugerah yang selalu diidamkan suami istri yang menginginkan keturunan.

Mengetahui kehamilan sebenarnya tidak selalu harus menggunakan alat test yang bernama test pack. Ada banyak cara alami yang jauh lebih mudah, simple, cepat, dan bisa diketahui hasilnya. Anda bahkan bisa menggunakan bahan atau alat yang tersedia di rumah tanpa perlu membeli test pack.

Jenis Bahan di Rumah untuk Mengetahui Kehamilan Tanpa Test Pack

Buat anda para wanita yang ingin segera ingin mengetahui kehamilan tanpa test pack, berikut ini beberapa metode atau bahan yang bisa dipakai untuk mendeteksinya.

cara cek kehamilan

Dengan Tes Urin

Cara tes kehamilan berikutnya adalah dengan tes urin. Caranya, tampung saja urin atau air kencing anda pada botol kecil dan diamkan selama sekitar 3 hingga 4 hari. Bisa diperkirakan anda sedang hamil jika anda melihat banyak busa putih di atas permukaan air seni tersebut,

Dengan Pasta Gigi

Metode selanjutnya yang mudah dilakukan adalah dengan pas gigi. Caranya pun mudah, tuang pasta gigi ke sendoh the dan teteskan air kencing atau urin anda di atasnya lalu diamkan beberapa menit. Jika pasta gigi berubah warnanya menjadi biru atau berbusa kemungkinan besar anda sedang hamil.

Gunakan Cairan Pemutih

Selain itu anda juga bisa menggunakan cairan pemutih untuk tes kehamilan. Caranya, tuangkan dua sendok makan cairan pemutih pada sebuah wadah kecil. Lalu campurkan dengan beberapa tetes urin anda dan diamkan beberapa saat. Jika cairan pemutih terlihat berbusa atau ada perubahan reaksinya, maka kemungkinan anda memang sedang hamil.

Dengan Sabun Mandi

Sabun mandi juga bisa digunakan untuk tes kehamilan. Caranya, tuang beberapa tetes urin anda pada sabun mandi (batangan ataupun cairan) dan diamkan beberapa saat. Jika timbul busa atau muncul gelembung, kemungkinan besar anda sedang hamil.

Gunakan Gula Pasir

Gula pasir juga bisa menjadi media yang efektif untuk mengetahui kehamilan. Caranya, tuang beberapa tetes urin anda di sebuah mangkuk yang berisi 2-3 sendok gula pasir. Jika gula pasir terlihat larut, maka mungkin anda tidak hamil. Sebaliknya, jika gulanya tidak bisa larut kemungkinan anda sedang hamil.

Baca juga Artikel Populer Ini:
gejala kanker getah bening
cara menidurkan bayi yang rewel di malam hari
cara pencegahan dan pengobatan penyakit rematik
cara mencegah dan mengobati rematik
ciri-ciri kanker getah bening yang paling mudah dikenali

Dengan Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk tes kehamilan. Caranya, cukup dengan menuangkan beberapa tetes air kencing anda di atas satu sendok makan cuka di mangkok. Perhatikan perubahan warnanya, bukan busanya. Jika warna busa berubah warna, maka anda mungkin sedang hamil.

Kenali Tanda Kehamilan

Selain dengan berbagai abhaan di atas, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali gejala-gejala atau tanda yang kebanyakan dialami oleh orang yang pernah hamil. Beberapa gejala itu meliputi datang bulan terlambat, rasa mual pada pagi hari (morning sick), ataupun berat badan bertambah dalam waktu singkat.

Itulah sejumlah bahan atau alat yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kehamilan. Selain mudah dipraktekkan, bahannya juga banyak tersedia di rumah tanpa perlu pergi ke toko. Agar hasilnya efektif, sebaiknya anda menggunakan air kencing atau urin yang anda ambil saat pagi hari sesudah bangun tidur. Namun agar lebih yakin lagi terhadap cara mengetahui kehamilan tanpa test pack yang mudah dan cepat ya tentunya anda harus memeriksakannya ke dokter kandungan.