Bibit Collagen : Bermanfaat atau Berbahaya? Ini Jawabnya!

Benarkah produk bibit collagen bermanfaat bagi kecantikan atau malah berbahaya? Akhir-akhir ini produk skin care yang satu ini banyak diminati konsumen karena dianggap mampu memberikan hasil yang baik dalam perawatan kecantikan kulit. Benarkah demikian dan apakah tidak efek samping yang berbahaya untuk kulit?

Tingginya permintaan pasar terhadap produk perawatan kulit mendorong banyak perusahaan menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karena itulah sekarang ini banyak beredar produk kecantikan yang mengandung kolagen, bahan alami yang memang sudah ada dalam tubuh kita.

Produk bibit collagen sendiri banyak jenisnya. Dari yang berupa lotion, bubuk, kapsul sampai minuman. Produk skin care bibit collagen yang beredar di pasaran kebanyakan dibuat dari tulang sapi ataupun ikan dan difungsikan sebagai pemutih kulit.

Collagen Alami vs Produk Bibit Collagen

Secara alami tubuh kita memiliki kandungan kolagen. Kolagen adalah asam amino rantai panjang yang terdiri dari asam amino glisin, hidroksiprolin, arginin, dan prolin. Protein alami yang ada dalam tubuh manusia ini sangat berguna untuk beragam fungsi, khususnya untuk pembentukan tulang, gigi, otot, sendi, serta kulit.

fungsi kolagen

Kolagen kebanyakan ditemukan pada tulang, kulit, serta jaringan ikat tubuh yang berguna untuk mendukung pembentukan otot, kulit, dan tulang. Kolagen juga penting dalam membangun elastisitas kulit Anda, mendukung pertumbuhan sel baru untuk menggantikan sel-sel yang telah mati, serta melindungi organ di dalam tubuh.

Peran kolagen sangatlah penting untuk tubuh dan kontribusinya sangat vital utamanya pada tiga bidang berikut:

1. Peran Kolagen untuk Kulit

Selain berguna untuk seluruh tubuh, manfaat kolagen paling nyata terlihat pada kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami gejala elastosis, seperti kulit yang mengalami keriput, kendur dan munculnya tanda-tanda penuaan. Nah dalam hal ini kolagen berguna untuk membantu mengembalikan dan meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit serta menghilangkan tanda-tanda penuaan.

2. Peran Kolagen untuk Sendi

Kolagen ternyata juga berkaitan erat dengan masalah kesehatan sendi. Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu melumas bantalan sendi, meningkatkan mobilitas sendi, serta mengurangi atau menekan peradangan yang terjadi pada sendi. Kolagen juga berguna untuk merangsang pertumbuhan sel baru yang penting untuk jaringan sendi agar tubuh lebih nyaman digerakkan.

3. Peran Kolagen untuk Perut dan Pencernaan

Kolagen juga sangat dibutuhkan dalam melumasi perut dan melancarkan sistem pencernaan. Kolagen juga dibutuhkan dalam membantu melindungi usus dan saluran pencernaan, serta mengontrol nafsu makan. Bahkan kolagen mampu mengurangi keinginan mengonsumsi gula dan karbohidrat, mengurangi lemak hormonal di perut, dan menekan dorongan makan berlebihan yang tentunya bermanfaat untuk diet.

Namun kebutuhan tubuh terhadap kolagen bisa saja tidak terpenuhi. Hal ini bisa terjadi karena bertambahnya usia dan pengaruh gaya hidup yang tidak sehat. Stres, pola makan tidak teratur, menu makanan tidak sehat dan lainnya bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam memroduksi kolagen.

Karena itulah mengonsumsi suplemen kolagen bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda serta mengganti produksi kolagen alami yang menurun karena faktor usia.

Manfaat Bibit Colagen untuk Kecantikan

Untuk merangang atau mengganti produksi kolagen alami tubuh yang menurun karena usia, saat ini banyak produk bibit colagen yang dijual di pasaran. Bentuk produknya juga beragam, baik sebagai masker, body lotion, maupun dikonsumsi.

bibit collagen

Berikut ini beberapa manfaat bibit collagen yang penting:

1. Membersihkan Sel Kulit Mati

Bibit Kolagen sangat berguna untuk membersihkan sel-sel kulit yang telah mati agar tidak tertimbun dan memicu timbulnya problem kulit.

2. Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit

Kandungan nutrisi dalam bibit collagen juga berguna untuk menghaluskan kulit dan membuatnya lebih kencang sehingga bisa menghilangkan tanda penuaan atau keriput.

3. Melembabkan Kulit

Bibit collagen juga berguna untuk mengatasi kulit yang kering dan melembabkan dan membuat kulit lebih lembut.

4. Memutihkan Kulit

Bibit collagen juga mampu merangsang produksi kolagen alami dan membantu membuat kulit terlihat lebih putih dan bersih.

5. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit. Dengan bibit collagen, kulit akan memproduksi zat perlindungan diri sehingga tidak akan merusak sel kulit.

Kenali Efek Samping Bibit Colagen

Bibit collagen memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit, khususnya karena makin bertambahnya usia. Pertanyaannya, adakah efek samping bibit collagen yang justru berbahaya?

Penggunaan produk atau suplemen bibit collagen bertujuan untuk merangsang atau mengganti produksi kolagen alami tubuh yang menurun karena berbagai sebab. Beberapa efek samping yang kerap ditemui dari penggunaan bibit collagen antara lain alergi kulit. Alergi ini bisa berupa timbulnya ruam merah pada kulit, munculnya jerawat, ataupun gejala lain seperti gatal.

Efek bibit collagen lainnya adalah menurunnya nafsu makan. Efek ini sebenarnya wajar karena fungsi kolagen alami tubuh juga untuk mengikat fungsi pencernaan. Gejala lainnya yang muncul juga umumnya masih wajar.

Namun untuk mencegah atau menghindari bahaya pemakaian produk skincare ini sebaiknya anda perhatikan dan teliti keaslian produknya. Termasuk label uji BPOM dan kualitasnya. Kehati-hatian dan sikap teliti merupakan langkah bijak menekan efek negative dari pemakaian bibit collagen agar tidak merugikan anda.