Ingin Tahu Kondisi Kesehatanmu? Cek Warna Air Kencingnya

Tahukah anda jika ada langkah atau cara yang mudah untuk cek kondisi kesehatan anda, yaitu dengan melihat warna air kencingnya. Ternyata tips yang simple bin gratis ini belum banyak diketahui. Tak sedikit orang yang lebih suka mengeluarkan uang untuk membeli berbagai peralatan medical chek up yang terbilang tidak murah.

Seperti anda tahu, jenis kotoran manusia terdiri dari feses dan urine. Air kencing berupa urine merupakan limbah yang dihasilkan melalui proses reabsorption. Proses penyaringan ini berlangsung di dalam ginjal. Zat-zat yang berguna untuk tubuh akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah. Sedangkan untuk zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang.

Namun pada sisi lain, ternyata urine yang dikeluarkan manusia tidak semuanya berupa zat sampah. Tak jarang ada zat yang juga berguna untuk tubuh yang dihasilkan dari proses didalam ginjal tersebut yang ikut dikeluarkan dalam urine. Kondisi yang tidak normal inilah yang kadang membuat warna air kencing kita berbeda dari biasanya.

cek kondisi kesehatan dengan air kencing

Asal anda tahu, perubahan warna air kencing merupakan tanda adanya perubahan kondisi kesehatan seseorang. Selain warna, analisa terhadap pengaruh air kencing dengan kondisi kesehatan juga dilihat dari bau dan kondisinya. Karena itulah kalangan medis sering meminta kita membawa air kencing atau urine saat melakukan tes cek up kesehatan.

Kenali Warna Air Kencing untuk Cek Kesehatan Anda

Tanpa perlu membeli alat tes kesehatan atau ke dokter, anda juga bisa mengetahui sekaligus mengecek kondisi kesehatan anda dengan mengenali warna air kencing. Namun sebaiknya gunakan urine atau air kencing setelah bangun tidur pada pagi hari. Berikut uraian selengkapnya

Urine Warna Bening

Jika kondisi kesehatan anda baik, maka urine akan warna bening atau jernih. Kondisi ini juga mengindikasikan tubuh anda cukup cairan dan tidak mengalami dehidrasi. Namun batasan bening perlu lebih jelas karena ada sejumlah kasus over-hidrasi atau terlalu banyak minum air yang justru tidak baik untuk tubuh.

Urine Tidak Berwarna

Jika anda melihat urine anda terlihat sangat bening atau nyaris tidak berwarna, sebaiknya anda waspada. Hal ini bisa mengindikasikan adanya gangguan penyakit diabetes. Terlebih jika anda juga mengalami gejala sering haus serta sering buang air kecil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Urine Berwarna Putih Susu

Urine yang berwarna putih susu bisa saja sebagai indikasi adanya darah mikroskopis ataupun gangguan infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih atau gangguan karena batu ginjal. Namun warna urine semacam ini juga bisa berhubungan dengan sejumlah penyakit tertentu seperti gonore.

Urine Warna Kuning Gelap

Jika Anda melihat warna urine anda kuning kegelapan atau pucat, hal ini mengindikasikan bahwa anda kurang minum air putih. Namun jika urine tidak mengeluarkan bau menyengat, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasi dan menjaga kondisi kesehatan anda dengan minum air putih yang cukup.

Baca juga Artikel Populer Ini:
gejala kanker getah bening
cara menidurkan bayi yang rewel di malam hari
cara pencegahan dan pengobatan penyakit rematik
cara mencegah dan mengobati rematik
ciri-ciri kanker getah bening yang paling mudah dikenali
cara cek kehamilan tanpa test pack

Urine Berwarna Coklat

Jika urin anda berwarna coklat, hal ini bisa mengindisikasikan adanya gangguan kesehatan. Sejumlah penyakit tertentu diindikasikan dari perubahan warna urine ini. Diantaranya penyakit lever.

Penyakit ini dapat menyebabkan tingginya konsentrasi garam empedu dalam darah karena hati tidak bekerja dengan baik atau terganggu sehingga ikut terbuang dalam air kencing. Jika anda menemukan perubahan warna air seni semacam ini sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

Urine Berwarna Kemerahan

Jika air seni berwarna merah, hal ini bisa disebabkan adanya darah yang terlarut dalam air kencing, atau biasa diisttilahkan hematuria. Sejumlah penyebab kasus urine berwarna merah, diantaranya karena kanker prostat, kanker kandung kemih, batu ginjal, ataupun adanya infeksi pada saluran kemih.

Namun jika anda melihat urine berwarna merah sebaiknya jangan langsung takut karena kondisi ini juga bisa disebabkan jenis makanan atau zat tertentu yang tertelah dan masuk ke tubuh. Segera konsultasikan ke dokter jika warna merah urine berulang beberapa hari.

Urine Berbusa

Jika urine terlihat berbusa dengan warna agak keputihan, hal ini bisa jadi karena adanya gangguan dalam kandung empedu atau ginjal. Tes lab sebaiknya dilakuakn untuk memastikan ada tiadaknya gangguan kesehatan.

Itulah informasi tentang cara cek kondisi kesehatan dari warna air kencing yang semoga bermanfaat buat anda agar selalu bisa menjaga kesehatan dengan baik.