Segudang Manfaat Jahe Khususnya Jenis Jahe Merah

Anda mungkin sudah mengetahui manfaat jahe menjadi minuman hangat yg menyehatkan. Rasa pedas di rimpang ini memang memberikan tanda menjadi herbal yg berguna obat. Mirip pula terlihat berasal nama latinnya zingiber officinale yang menawarkan bahwa tanaman jenis temu-temuan yg asal dari india ini memang diperuntukkan bagi pengobatan.

Terdapat beberapa jenis jahe yang dikenal masyarakat, mirip jahe gajah atau jahe badak yang bentuknya relatif akbar tetapi cita rasanya tidak terlalu pedas, jahe kuning yang berwarna kuning serta sering digunakan buat penyedap kuliner menggunakan rasa yg cukup tajam, dan jahe merah yg warnanya merah dengan rasa paling pedas dan kandungan minyak atsiri yg relatif tinggi.

Beragam Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Rasa pedas pada jahe terutama ditimbulkan kandungan zingeron, sebuah senyawa keton yang sangat bermanfaat buat menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat jahe buat mengobatai aneka macam jenis penyakit.

manfaat jahe

1. Mencegah stroke serta penyakit jantung

Kandungan gingerol di jahe bersifat antikoagulan yg berguna buat melancarkan peredaran darah, mengontrol tekanan darah, serta menangkal penggumpalan darah yg bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat sehingga menyebabkan serangan jantung maupun penyakit stroke.

2. Anti radang dan mengatasi arthritis

Kandungan gingerol jahe jua berfungsi sebagai anti inflamasi yang berguna buat mengatasi peradangan dan menghambat cox yang diketahui menjadi penyebab terjadinya peradangan serta arthritis tanpa menyebabkan pengaruh samping.

3. Membersihkan tubuh serta menangkal kanker

Manfaat jahe jua dari kandungan antioksidan yang berkhasiat dalam menangkal radikal bebas serta membersihkan tubuh asal berbagai virus, bakteri, kuman penyebab penyakit. Bahkan senyawa aktif ini mampu meredam pertumbuhan banyak sekali jenis sel kanker, seperti kanker usus atau kanker ovarium.

Baca juga manfaat daun kelor

4. Menyembuhkan migrain serta sakit kepala

Kandungan pada jahe jua mampu mengganggu prostaglandin yang mengakibatkan migraine dan sakit kepala.

5. Menyembuhkan demam dan batuk

Kandungan gingerol di jahe juga memiliki kegunaan pada menurunkan demam dan menyembuhkan batuk.

6. Menyembuhkan sakit perut

Manfaat jahe juga dari kandungannya yang mampu melancarkan pencernaan maupun metabolisme tubuh, sehingga berguna buat mengatasi gangguan pencernaan, iritasi usus, maupun perut kembung.

7. Menurunkan berat badan dan perut buncit

Minum jahe secara rutin pula membantu metabolisme tubuh dan membakar kalori sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan maupun mengatasi perut buncit.

8. Mengatasi mabuk perjalanan dan morning sickness

Minum jahe atau makan permen jahe pula sangat bermanfaat buat mengurangi rasa mual sebab mabuk kendaraan, mengatasi jet lag, juga meredakan rasa mual serta ingin muntah di morning sickness.

Manfaat Jahe Merah untuk Pria dan Wanita

Jahe merah merupakan jenis jahe yang mempunyai khasiat obat lebih beragam, baik sebab cita rasanya yang aling pedas juga asal kandungan minyak atsiri-nya yg mencakup zingeberin, zingiberen, zingiberal, kamfena, gingeral, shogool, dan lemonin. Jahe merah jua poly mengandung pati, minyak damar, gingerin, asam organik, asam aksolat, dan asam malat.

Khasiat jahe merah jua sangat poly untuk mengobati beragam jenis penyakit. Diantaranya menghangatkan badan dan menambah nafsu makan, mengobati masuk angin menyembuhkan radang tenggorokan (bronkitis), rematik, sakit pinggang, nyeri lambung, nyeri otot, juga untuk meredakan penyakit asma.

Kandungan senyawa aktif yg lebih kompleks di jahe merah juga sangat baik buat menaikkan keharmonisan tempat tinggal tangga. Manfaat jahe merah ini terutama untuk menaikkan stamina dan kebugaran tubuh, mengatasi dilema ejakulasi dini, menyembuhkan lemah syahwat, serta meningkatkan gairah seksual.